PTI 3 SOFTWARE

Perangkat Lunak (Software)

Perangkat lunak Merupakan program yang diperlukan untuk menjalankan perangkat keras komputer dan dibagi menjadi tiga yaitu :
1. Sistem Operasi (operating system)
Yaitu program yang dibuat untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan seluruh kegiatan dari sistem komputer. seperti Windows, Linux, Sun Solaris, Distro Linux, Unix.


2. Perangkat lunak bahasa pemrograman (programming software)
Yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesin agar dapat dimengerti komputer. Seperti : Bahasa Assembly.

3. Perangkat lunak aplikasi (application software)
Yaitu program yang ditulis dan diterjemahkan oleh language-software untuk menyelesai-kan suatu aplikasi tertentu.VB, Delphi, C++, C#, Java, dll.

Sistem Operasi Tujuan dari OS ini adalah untuk meningkatkan efisiensi dan menggunakan komputer semaksimal mungkin, dalam melaksanakan pekerjaan khususnya untuk mengurangi ‘waktu nganggur’ yang dialami oleh komputer. Program-program dalam OS biasanya ditulis dan disusun oleh pabrik komputer yang bersangkutan.
Sistem Operasi terdiri dari : Control Program dan OS Service.

Operating Sistem
DOS (Disk Operating System) merupakan salah satu operating system yang biasa dipakai pada komputer IBM-PC ataupun kompatibelnya
DOS mempunyai sejumlah versi yang diawali dengan DOS versi 1.00 dirilis pada 1981, terus meningkat menjadi versi 7.00 pada tahun 1996. Seiring dengan perubahan versi, kemampuan DOS juga semakin meningkat, dan berkembang kearah general purpose system, konsep jaringan komputer serta konsep user friendly.
DOS versi 3.10 yang direlease tahun 1984, mulai menyediakan layanan untuk jaringan
DOS versi 5.00 yang direlease tahun 1991, mendukung pemakaian sound baster card, dan pada masa itu merupakan awal penggunakan sound-card stereo pada sebuah PC.
Windows adalah operating system produk dari Microsoft yang banyak dipakai saat ini
Pada tahun 1992, Microsoft memperkenalkan operating system Windows 3.1 merupakan suatu system operasi yang mengijinkan pemakai untuk menjalankan berbagai program secara serentak serta membagi informasi antara program-program yang ada. Program-program yang ada bisa ditampilkan dalam bentuk “jendela” dan pemakai bisa mengendalikannya secara mudah.
Macintosh Operating System merupakan OS yang pertama mengunakan sistem GUI (Graphical User Interface). Para pemakai komputer begitu takjub melihat Macintosh yang sangat ramah dalam melayani pemakai komputer. Pemakai tidak perlu banyak menulis perintah, cukup menunjuk gambar-gambar yang ada, maka dengan cepat Macintosh akan mengerjakan tugas sesuai gambar yang ditunjuk.
OS ini hanya kompatibel dengan Komputer Apple-Macintosh.
Linux adalah sebuah sistem operasi komputer seperti halnya Macintosh, OS/2, Solaris maupun Windows. Linux merupakan turunan dari sistem operasi UNIX dan memiliki seluruh kemampuan dan keunggulan dari sistem UNIX. Linux adalah sistem operasi berbasis GPL (General Public Licence) yang berarti Linux dapat dikopi secara bebas tanpa harus membayar kepada pemegang lisensi, dengan catatan source code harus selalu disertakan dalam penyebarannya.
FreeBSD adalah sebuah sistem operasi BSD Unix yang lebih maju untuk komputer jenis PC. OS ini dikembangkan oleh sekumpulan programmer individu. FreeBSD menawarkan sistem rangkaian yang lebih maju dan berkemampuan tinggi. OS tersebut sesuai untuk dijadikan sistem server Internet atau Intranet. Dapat mengendalikan sistem rangkaian yang sangat sibuk, dan mengatur penggunaan memori dengan baik untuk melayani beratus-ratus atau beribu-ribu pengguna secara serentak.
BeOS adalah sebuah OS komersial baru yang menarik. Sistem operasi BeOS dibuat berdasarkan cip cpu PowerPC atau x86 (PC). Ia membolehkan anda berkerja dengan aplikasi audio, video, image, berdasar pada Internet dan menyunting file berukuran berjuta-juta gigabyte serentak dalam waktu yang singkat. BeOS adalah satu-satunya OS yang mengunakan kesemua kelebihan satu atau lebih pemproses dengan atomatis.
SunSolaris menggunakan mikro pemproses Sparc atau x86. SunSolaris adalah sebuah sistem operasi Unix yang dibuat oleh Sun Microsystem untuk kegunaan stasiun kerja dan server UltraSparc dan juga ix86. Sistem operasi ini adalah sistem operasi 64 bit bagi platform UltraSparc dan 32bit bagi platform x86. Ia berkemampuan mengendalikan sistem komputer mainframe, server web, server enterprise dan pelbagai jenis server lain.

Posted by: Akhmad Mukhlisin
06.2009.1.05059

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s