Pesona Tanjung Papuma Jember

Benar-benar alami dan menawan terumbu karang di Tanjung Papuma.  Begitulah kesan yang terlontar dari ucapan anggota tim selam UGM yang beberapa waktu lalu – sekitar bulan Juni – mengadakan penyelaman di wilayah pantai papuma.

Memang, pada bulan Juni 2011 yang lalu, wana wisata Tanjung Papuma bekerjasama dengan komunitas penyelam Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, mengadakan survei potensi bawah laut Papuma.  Kegiatan yang diselenggarakan selama 3 hari tersebut dimaksudkan untuk mengetahui potensi terumbu karang, keragamaman dan kekayaan hayat biota laut, sifat angin, gelombang/arus laut, salinitas dan topografi kedalaman dasar pantai dan lain-lain.  Hasil survei ini diharapkan dapat diperoleh gambaran situasi dan kondisi perairan bawah laut papuma yang dapat dikembangkan untuk obyek wisata selam (diving) dan snoorkling (selam permukaan) yang aman bagi pengunjung papuma.

Berdasarkan hasil survei penyelaman selama 3 hari tersebut diperoleh hasil bahwa ekosistem papuma masih sangat terjaga dan alami.  hal ditandai dengan kemunculan ikan-ikan langka yang berfungsi sebagai indikator keutuhan ekosistem dan habitat laut papuma.

Hasil dari survei ini akan segera kami publikasi sebagai bahan panduan katalog obyek bawah laut Papuma bagi para peminat/penghobi selam maupun sekedar untuk snoorkling yang ingin melakukan wisata selam di Tanjung Papuma.  Namun karena ternyata diketahui bahwa secara fisik perairan laut selatan tergolong berbahaya bagi penyelaman, maka rekomendasi sementara untuk melakukan penyelaman di Tanjung Papuma haruslah penyelam yang profesional (drift diving skill), mengingat arus gelombang cukup deras dan banyak putaran arus bawah (dietweha).

 

Sumber : http://www.tanjungpapuma.com/pesona-keindahan-bawah-laut-tanjung-papuma.html

Advertisements

2 thoughts on “Pesona Tanjung Papuma Jember

  1. Ass. Saya Sarah mahasiswa yang akan melaksanakan praktik kerja lapang dan tugas akhir di Wana Wisata Tanjung Papuma dan obyek penelitian saya adalah terumbu karang. Yang ingin saya tanyakan adalah metode apa yang Anda lakukan saat survey terumbu karang di kawasan tersebut? dan kondisi terumbu karangnya bagaimana? Terima Kasih. Wass

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s